Tuesday 10 April 2012

Blackburn Rovers vs Liverpool : This one for Luca.

"It's been a difficult 18 months with my son passing away and the result was thanks to the fans for their support. With the birth of my son Nico on Wednesday this has now been a good week.” Brad Jones

Tidak dapat dipungkiri, rasa cinta seorang ayah pada anak adalah motivasi yang sangat luar biasa dalam menjalani pekerjaannya. Brad Jones, kiper ketiga Liverpool yang dibeli Roy Hodgson bulan Agustus 2010, kerap menatap ke langit disela-sela tugas menjaga gawang Liverpool vs Blackburn, untuk menyampaikan rasa cintanya pada Luca Jones yang meninggal dunia, 18 November 2011 karena penyakit Leukaemia. Sebagai penjaga gawang cadangan, Jones tidak mungkin banyak mendapatkan kesempatan beraksi. Namun karena Doni yang dikeluarkan wasit usai menjegal lawan dikotak penalti, maka tugas Brad Jones adalah menggantikannya pada menit ke 26, saat Liverpool unggul 2-0 berkat gol Maxi di Ewood Park.




Aksi pertamanya adalah menyelematkan Liverpool dari tendangan penalti Yakubu. Hal itu bukan merupakan kebetulan tapi buah dari pengalaman bermain bersama Yakubu di Middlesbrough. Sedikit banyak, Jones mengenal gaya Yakubu dalam menendang penalti.”Dan saya menunggu beberapa saat, menebak arah bola dan berhasil menyelamatkan gawang” Jones menambahkan.

Liverpool yang menurunkan sebagian besar pemain keduanya dalam rangka persiapan menghadapi Everton di Semifinal Piala FA, berhasil tidak kebobolan dari tendangan penalti itu. Hal ini menambah beban karena Reina sedang menjalani hukuman tiga pertandingan sehingga Jones akan menjaga gawang Liverpool hari Sabtu, 14 April mendatang.

Liverpool dalam lima belas menit pertama, memulai drama dengan baik. Skrtel yang menjadi kapten berhasil mengirimkan umpan serangan balik yang cepat dari kotak penalti menuju sisi kanan untuk menemui Bellamy. Dengan kecepatan tinggi, Bellamy menyusur lapangan dan mengirimkan umpan kepada Maxi yang menunggu dari sisi kiri. Gol. Selanjutnya aksi Shelvey yang berhasil merebut bola dari penguasaan pemain Rovers, kemudian mengirim tendangan pelan yang berhasil dihadang kiper Paul Robinson, bola mental coba ditendang Carroll namun terhadang Scott Dann sehingga bola liar menghampiri Maxi yang kembali tanpa mengontrol berhasil memasukan bola dengan kaki kirinya. 2-0.


Drama buruk bagi Liverpool dimulai saat Flanagan, yang bermain bersama pamannya di Blackburn Rovers, Bradley Orr, memberikan umpang kebelakang yang tanggung sehingga bola berhasil dicuri Junior Hoilett untuk berhadapan satu lawan satu dengan Doni. Hoillett terjatuh dan tanpa ampun wasit Andrew Taylor memberikan penalti dan mengusir Doni. Mimpi buruk bagi Flanagan yang sebelumnya lolos dari kartu merah karena menjegal Marcus Olsson. Namun lebih buruk bagi Doni yang harus keluar dan melupakan mimpinya bermain di Wembley. Lima tahun lalu dihari yang sama dia harus kebobolan tujuh gol di AS Roma. Jones berhasil menangkap penalti Yakubu, namun gagal menangkap sundulan Yakubu setelah dua puluh menit dia tampil dilapang hijau. Untuk menjadikan kedudukan 2-1 hingga turun minum.


Performa kiper utama dan kiper cadangan yang sangat jauh menjadikan Liverpool kesulitan dalam pertandingan-pertandingan tanpa kiper utama. Reina yang begitu digdaya dibawah mistar semenjak dibawa Benitez menjadikan kiper-kiper cadangan kurang mendapatkan pengalaman sehingga kerap menimbulkan kesalahan mendasar. Dan hal ini menjadikan dasar dari drama berikutnya saat Jones berusaha membuang bola dari penyelamatan yang mengenai Yakubu dan gagal menangkap bola serta menabrak Yakubu sehingga terjatuh dikotak penalti. Beruntung Jones tidak dikeluarkan namun kali ini penalti Yakubu gagal dia selamatkan. Menit 61, kedudukan menjadi imbang 2-2.

Dalam selang waktu tiga puluh menit kemudian, Jones berhasil menyelamatkan gawang Liverpool dari kebobolan, terutama dari aksi Carroll yang berusaha menyundul bola untuk menghalau namun bola meluncur kebelakang yang ditepis Jones. Ketika pertandingan akan diperpanjang enam menit, Carroll tampil sebagai pahlawan dengan sundulan untuk menggetarkan gawang Robinson. Gol Carroll ketujuh dimusim ini. Liverpoolpun unggul 3-2 hingga peluit panjang untuk membawa kemenangan dalam lima pertandingan terakhir.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Brad_Jones_(footballer)

No comments:

Post a Comment